Fungsi Kapitalis

image

Teori sosialis (didasarkan pada teori nilai kerja) menyimpulkan bahwa profit adalah nilai yang dicuri oleh para kapitalis dari kaum buruh. Kesimpulan ini keliru. Fungsi kapitalis sama berguna dengan fungsi pekerja; laba sama pentingnya dengan upah.

Dua fungsi kapitalis dalam ekonomi adalah fungsi menunggu dan fungsi menanggung resiko. Fungsi menunggu terjadi karena semua proses produktif membutuhkan waktu untuk selesai. Adalah sang kapitalis yang menunda konsumsi dengan berinvestasi dalam usaha produktif. Sementara para pekerja dibayar upahnya setelah bekerja, kapitalis menanggung beban untuk memerima bayaran hanya saat produk jadi telah dijual.

Fungai memanggung resiko adalah fungsi entrepreneurial untuk menanggung beban bahwa prosea produktif bisa saja berubah menjadi tidak produktif – yaitu, nilai suatu barang yang diproduksi bisa kurang dari nilai sumber daya yang digunakan untuk memproduksi barang tersebut. Sementara pekerja dibayar upahnya untuk pekerjaan yang dia lakukan, sang kapitalis menanggung beban menerima pembayaran hanya jika produk jadi berhasil.

Bisakah fungai menunggu atau fungsi menanggung resiko dihilangkan? Tidak. Bahkan dalam model ekonomi sosialis kedua fungsi ini mesti ada. Keduanya inheren dalam sifat dari proses produktif. Yang paling mendekati dari ekonomi sosialis untuk menghilangkan fungsi kapitalis adalah dengan memaksa para pekerja itu sendiri yang menunggu dan mengambil resiko. Tahu bahwa kebanyakan pekerja tidak terlalu berminat dengan opsi ini. Mereka bebas memilih untuk menikmati konsumsi saat ini daripada memegang prospek bayaran yang lebih besar di masa depan dan, terutama, memilih dibayar untuk pekerjaan mereka daripada dibayar hanya jika produknya laku.

Sepenuhnya berbeda dengan kekeliruan teori sosialis, hubungan antara buruh dan kapitalis bersifat selaras. Pembagian kerja muncul di mana masing-masing pihak terspesialisasi dalam cara yang dipilih sendiri, masing-masing memperoleh keuntungan dari upaya yang lain.

Referensi

Block, Walter. 1976. Defending the Undefendable. New York: Fleet Press. Pp. 186-202.

Hendrickson, Mark, ed. 1992. The Morality of Capitalism. Irvington-on-Hudson, N.Y.: Foundation for Economic Education.

Levefre, Robert. n.d. Lift Her Up, Tenderly. Orange, Calif.: Pinetree Press. Pp. 97-104.

Mises, Ludwig von. 1975. “The Economic Role of Saving and Capital Goods.” In Free Market Economics: A Basic Reader. Bettina Bien Greaves, ed. Irvington-on-Hudson, N.Y.: Foundation for Economic Education. Pp. 74-76.

———. 1966. Human Action. Chicago: Henry Regnery. Pp. 300-01.

Rothbard, Murray N. 1983. The Essential Ludwig von Mises. Auburn Ala.: Ludwig von Mises Institute. Pp. 12-13.

Manado, 19 Februari 2016

diterjemahkan oleh amato dari buku The Concise Guide to Economics, 3rd Edition; Chapter 4, karya Jim Cox.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s